Cara Reseller Menentukan Harga Jual

1 komentar
Kerapkali reseller pemula kebingungan saat bakal memastikan harga jual pada customer. Walau sebenarnya memastikan harga jual untuk reseller sesungguhnya gampang saja, lantaran reseller tak perlu pusing merinci harga pokok, cost karyawan dalam hitungan jam, operasonal listrik, telephone dan lain-lain. Ini bermakna harga pokok telah reseller kenali dari supplier atau grosiran tempat mengambil barang. Apakah Kamu reseller dropship? Kamu terasa bingung saat bakal memastikan harga jual? Nah simak pemaparan di bawah ini mengenai cara reseller memastikan harga jual.

1. Markup Harga
Pada umumnya, rumus keuntungan untuk reseller yaitu harga jual dikurangi harga beli. Jika kita umpamanya harga beli atau harga dari supplier Kamu yaitu Rp 100. 000 rupiah, jadi Kamu mesti mengambil keputusan harga jual di atas itu. Berlaku rumus : harga beli + X = harga jual, dengan x yaitu margin keuntungan Kamu. Permasalahannya, banyak reseller pemula yang memastikan x atau margin tadi tanpa ada argumen serta perhitungan yang pasti. Mengakibatkan harga jadi labil, mudah beralih serta keuntungan akhir tak dapat di perkiraan. sepatu safety

2. Berapakah Saya Mesti Markup Harga?
Markup harga sepintas memanglah gampang, Kamu cuma butuh memberikan demikian rupiah dari harga pokok atau harga beli. Tetapi, sesungguhnya ada banyak hal yang perlu diperhitungkan. Apa sajakah hal itu?

a. Tujuan Penjualan
Tujuan yaitu tujuan atau titik yang perlu Kamu capai dalam sebulan. Tujuan ini begitu utama, sebagai referensi serta motivasi untuk Kamu dalam jual product reseller. Lantaran masihlah pemula, misalnya Kamu membidik penjualan 30 product dalam sebulan. Bila kita ratakan dalam 1 bln. ada 30 hari, ini bermakna dalam satu hari minimum Kamu mesti dapat jual 1 product.

b. Cost Operasional
Bila Kamu reseller dropship, pasti tak perlu pikirkan cost transportasi atau cost packing product, lantaran semuanya telah dikerjakan oleh supplier. Nah, yang perlu Kamu kalkulasi yaitu cost operasional Kamu sendiri yang perlu dipenuhi untuk mendukung sistem jual beli. Salah nya ialah pulsa yang perlu Kamu beli untuk lakukan komunikasi dengan supplier serta customer. Misalnya dalam sebulan, sesudah di hitung Kamu memerlukan pulsa Rp 100. 000 rupiah.

c. Tujuan Pengembangan (Development)
Pengembangan di sini sudah pasti untuk kepentingan penjualan. Kamu mustahil bakal selama-lamanya jadi reseller. Satu saat bakal ada fase jemu serta memaksa Kamu mesti bikin tantangan baru. Misalnya kurun waktu setahun Kamu harusnya memiliki toko yang dapat beli stok dalam jumlah banyak. Saat ada pada fase ini, Kamu telah bukanlah lagi sebagai reseller. Namun telah jadi grosir bahkan juga dapat pula jadi supplier yang mampu melayani reseller yang lain.

3. Rumus Harga Jual untuk Reseller
Dari tiga variabel yang sudah diibaratkan di atas, saat ini waktunya Kamu memastikan nominal keuntungannya. Mari kita jabarkan satu-persatu berdasar pada anggapan tadi.

a. Tujuan Penjualan
Tujuan penjualan seperti yang di jabarkan di atas yaitu batas minimum yang perlu dipenuhi. Bila dalam sehari dapat kian lebih 1, jadi itu tambah baik lagi.

b. Operasional
Dengan beban cost operasional Rp 100. 000 perbulan, bila di untuk dengan 30 hari. Jadi diperoleh nominal Rp 3333, 333 yang dibulatkan keatas jadi Rp 3. 400 rupiah. Bermakna dalam satu penjualan /hari dengan tujuan 1 product yang terjual. Jadi tiap-tiap product mesti ditambahkan Rp 3. 400 rupiah

c. Tujuan Pengembangan
Biasanya, pedagang retail (toko) mengambil keputusan margin keuntungan minimum 20% s/d 30%, bahkan juga ada yang kian lebih 50% dari harga pokok atau harga beli. Lalu mana yang pas untuk kita tentukan? Sebelumnya memastikannya, cermati 2 hal berikut ini :

i. Daya beli market Anda
Bila Kamu yaitu mahasiswa, sudah pasti market paling dekat dengan Kamu yaitu rekan sekampus pada terutama serta mahasiswa lain universitas biasanya. Keadaan dompet mahasiswa sudah pasti tidak sama dengan keadaan dompet pekerja. Dalam soal ini, Kamu tentukan margin yang rendah yakni 20% saja. Terlebih masihlah reseller pemula, mesti memprioritaskan brand image pribadi dahulu, biarlah kebanyakan orang tahu kalau Kamu yaitu pedagang.

ii. Harga Kompetitor
Cermati harga pesaing yang telah lebih dahulu jual product yang sama dengan Kamu. Langkahnya dapat ajukan pertanyaan pada rekan paling dekat atau investigasi segera di internet. Cari on-line shop yang mempunyai situs, lalu saksikan harga nya. jangan pernah Kamu memastikan harga jual yang tambah lebih mahal dari pada pesaing Kamu.

Dari ke-2 point di atas, kita anggap margin yang sesuai sama untuk Kamu sebagai reseller pemula yaitu 20%. Jadi kita peroleh nominal 20% x 100. 000 = 20. 000

Jadi rumus komplit harga jualnya jadi :

HJ = HB + BO + BP

dengan Hj = Harga Jual, HB = Harga beli, BO = Cost operasional, BP = Cost Pengembangan

Jadi akhirnya adalah

HJ = 100. 000 + 3. 400 + 20. 000
HJ = Rp 123. 400/pcs

Kesimpulannya, dengan jual harga minimum Rp 134. 000/pcs jadi Kamu bakal terlepas dari kerugian. Apabila pada akhirnya Kamu mengambil keputusan untuk mengambil keputusan harga kian lebih itu, nah ini boleh-boleh saja, selebihnya itu yaitu keuntungan penambahan.

Oke saat ini telah tahu? bila belum silakan ulangilah untuk membacanya. Rumus di atas yaitu sebagai referensi minimum untuk reseller pemula dalam memastikan harga supaya mempunyai basic serta argumen kuat.

Dalam memastikan harga jual satu product, reseller juga baiknya memperhitungkan suplai serta permintaan yang berlangsung. Bila saat keinginan banyak serta barangnya tengah langka (supply-nya sedikit), seseorang reseller bisa saja menambah harga dari patokan standard perhitungan tadi.

Reseller janganlah asal markup harga, karenanya bakal memastikan kelangsungan penjualan Kamu. Jangan pernah harga yang Kamu menawarkan pada customer jadi berkesan “mahal”, ini bakal mengakibatkan kerusakan kesan pertama serta mencederai brand image toko on-line Kamu. Butuh di ketahui kalau pemilihan harga jual seperti yang tadi diterangkan tidaklah mutlak harus seperti itu. Ada berebagai keadaan atau kondisi yang bisa memengaruhi variabel-variabel seperti tujuan, operasional, daya beli serta harga pesaing. Anda juga bisa menjual sepatu safety, dan menjadi resellernya, bisa cek di tempat jual sepatu safety di jakarta timur

1 komentar :

  1. Harga minimum kok bisa jadi Rp 134.000/pcs. Sedangkan harga jual tadi hasilnya Rp 123.400/pcs

    BalasHapus