LIFE JACKETS (Jenis & Macam Jacket Pelampung)

Tidak ada komentar
Image result for LIFE JACKETS

Baju pelampung (life jackets) ialah perangkat yang didesain untuk membantu pengguna, baik secara sadar atau dibawah sadar, untuk tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada diatas permukaan air atau ketika berada di air. Piranti yang didesain dan di setujui oleh pihak yang berwenang dalam hal semacam ini biro klasifikasi indonesia untuk dipakai oleh sipil dalam rekreasi berlayar, pelaut, seperti, kano, dan lain-lain). Pakaian pelampung yang tidak sama didesain untuk dipakai oleh penumpang dan awak pesawat dari (helikopter, pesawat hawa) dan kapal komersial (kapal menunda, kapal penumpang, feri, kapal laut). Piranti yang dipakai oleh militer (angkatan hawa, pasukan khusus, marinir, angkatan laut, penjaga pantai) dan kepolisian.

Busa steriofoam 
Adalah bentuk pakaian pelampung yang paling simpel, terbuat dari busa steriofoam yang dibungkus di dalam pakaian pelampung. Banyak dipakai sebagai piranti keselamatan kapal, bis air, perahu. Biasanya memakai warna orange agar memudahkan sistem evakuasi apabila terjadi bencana. Biasanya diperlengkapi dengan lampu yang hidup apabila baterainya terendam air dan peluit.

Pelampung balon udara 
Pelambung balon hawa yang diletakkan di dalam pakaian pelampung yang diperkembang dengan menarik penyebab hawa (tabung co2) yang akan isi ruang di dalam pakaian pelampung dan biasanya diperlengkapi dengan peniup manual apabila tabung co2 tidak berperan. Adalah peralatan pesawat terbang standard.

Jenis - Jenis Pelampung, keamanan pada berolahraga yang berhubungan dengan air harus benar - benar juga di perhatikan, salah satu alat keamanan untuk berolahraga maupun aktivitas yang berhubungan dengan air yakni Life Jacket atau Jaket Penyelamat atau dapat juga dimaksud dengan pelampung. Pekerja diwajibkan untuk selalu menggunakan alat pelindung diri saat bekerja untuk menghindar resiko cedera yang lebih membahayakan seperti menggunkan pakaian keselamatan, sepatu safety online, kacamata keselamatan, dan lain sebagainya.

Di sini terdapat 5 jenis Personal Flotation Devices, jaket penyelamat di air untuk perseorangan diliat dari memiliki bentuk.

1. Offshore Life Jacket 

Type type ini memang didesain untuk keadaan perairan terbuka, mengkondisikan daerah muka tetaplah berada diatas karena support 20 pon spon apung. Pada kondisi terpencil yang bisa di pastikan pertolongan akan lambat datang, Jaket ini didesain untuk dapat tahan lama.

2. Near-Shore Vest 

Type classic, biasanya dapat untuk dewasa dan anak-anak. Didesain untuk kondisi air tenang dan tidak berarus. Baiknya pertolongan selekasnya datang.

3. Flotation Aid 

Type ini yang sering dan banyak dipakai oleh orang, memiliki bentuk sangat nyaman, banyak macam, bentuk dan typenya. Type standard ini dapat untuk penyelamatan di perairan yang tenang.

4. Throwable Device 

bantal atau cincin pelampung yang didesain untuk dilempar pada seorang dalam kesusahan. Mereka tidak selama berjam-jam di perairan, tidak dapat berenang atau tidak sadar.

5. Special Use Device 

Disebut juga jaket hybrid (paduan), memakai rompi khusus yang dapat juga dipakai untuk bekerja. Rompi khusus ini dapat memberi perlengkapan tiup untuk mensupport daya apung lebih tinggi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar