Tips Sehat di Musim Hujan

Tidak ada komentar
Sebelum menikmati hujan sepanjang hari, perhatikan kesehatan anda karena kelembapan udara di musim hujan membuat virus dan bakteri menyebar lebih cepat dari biasanya. tujuh tips ini akan mempersenjatai anda selama 'hujan' bakteri dan virus setelah hujan turun.

1. Bawa baju ganti
Hujan deras, hujan ringan, atau gerimis, semuanya sama-sama membuat anda basah. Berjalan-jalan dengan baju basah bisa membuat anda sakit dan oleh karenanya selalu sediakan baju tambahan dalam tas anda. Apabila tidak memungkinkan, setidaknya siapkan handuk untuk mengeringkan kepala yang terguyur hujan. Apabila setelah kehujanan anda merasa tidak enak badan, demam, sampai flu, itu berarti virus sudah masuk ke dalam tubuh.

2. Bawa payung
Hindari air saat hujan mungkin berlebihan dan mustahil, namun beberapa orang lupa bila seharusnya mereka membawa payung atau jas hujan. Baju, kaus kaki, dan tas yang basah akan membuat jamur, bakteri, dan virus cepat berkembang.

3. Cuci tangan
Mencuci tangan adalah tindakan yang perlu dilakukan di musim apa pun. Mencuci tangan dengan sabun tetap ada di daftar teratas untuk membuat anda tetap sehat dan higienis. Selama musim hujan, jamur, bakteri, dan virus akan 'pro-aktif' dan banyak cara untuk membuat anda sakit. Jadi, jangan lupa bersihkan tangan sebelum makan, dan bawa hand sanitizer dimanapun anda pergi.

4. Bawa saputangan
Saputangan sebenarnya adalah benda paling dasar yang wajib ada didalam saku baju. Lupakan soal pencitraan atau sebatas mengisi saku, karena sapu tangan punya manfaat lebih dari itu. Virus masuk melalui mulut, mata, bahkan hidung anda. Jadi janganlah beberapa coba untuk menyentuh wajah sesering apa pun dengan tangan.

5. Hindari jajanan pasar
Makan aneka jajanan selepas hujan memang mengasyikkan. Mencari berminyak, panas, pedas, dan menggoda membuat anda lupa bila segala segala yang pedas dan tajam tidak cocok untuk beberapa orang di musim hujan. Makanan yang dijajakan di udara terbuka, di jalan-jalan, kemungkinan membawa penyakit yang ditularkan melalui air dan udara. Mari beralih ke makanan yang sehat dirumah, lalu berhenti melihat warung tepi jalan dengan lapar mata.

6. Minum teh herbal
Teh herbal memiliki efek terapi pada tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Bila anda entah bagaimana akhirnya basah kuyup karena hujan, segera seduh teh herbal. Cukup tambahkan cengkeh, kayu manis, kemangi, lada, dan jahe lalu meneguknya. Selain menghangatkan tubuh, teh juga miliki segudang manfaat sehat lainnya.

7. Pakai Sepatu
Di saat hujan, air dari selokan atau got mungkin naik ke atas jalan, membasahi kaki anda yang hanya memakai sandal. Janganlah dibiarkan kaki terkena semua bakteri atau virus dari air yang dapat mengakibatkan infeksi kulit yang tidak diinginkan. Selain itu, daerah yang terbuka pada tubuh anda juga rawan terjangkit penyakit yang terbawa air juga. Jadi pastikan tubuh anda tertutup dan pakailah sepatu. Agar lebih terlindungi lagi Anda bisa memakai sepatu safety, nah disini tempat jual sepatu safety di jakarta timur online yang sudah terpercaya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar