Perbedaan Digital Marketing & Internet Marketing

Tidak ada komentar

Related image
Digital marketing yaitu rangkaian sistem pemasaran yang memakai semua saluran digital yang ada untuk mempromosikan suatu product atau layanan atau bangun suatu merk dengan cara digital. Datangnya masa digital marketing sudah mengubah rencana pemasaran tradisional dari iklan di Koran, majalah dan kertas menuju iklan di saluran digital sepertil media sosial, iklan PPC, periklanan dengan cara digital, dll.

Saluran digital marketing mencakup : situs, apilkasi berbasiskan media sosial, peletakan banner, e-mail pemasaran, pemasaran melalui piranti mobile, iklan pay per click, SEO, Situs TV, SMS, Billboard, dan hal yang lain yang berhubungan dengan fasilitas digital.

Internet marketing 

Internet marketing adalah bagian dari digital marketing. Serta jadi bagian terutama dari digital marketing karena beberapa besar kesibukan dan biaya pemasaran digital dilakukan lewat internet marketing.

Saluran utama internet marketing mencakup : 

Situs : Baik situs Pribadi ataupun situs perusahaan atau bahkan juga situs (blog) pribadi yang gratisan (seperti WordPress atau Tumblr). Umumnya kampanye melalui situs selalu memiliki titik awal dan maksud akhir. Contoh : ketika kampanye melalui pemasaran digital untuk mempromosikan situs kita {titik awal) dengan maksud untuk memperoleh lebih banyak pengunjung ke situs kita (maksud akhir).

Search Marketing (SEM) : Search Marketing yaitu basic dari Internet Marketing yang terbagi dalam dua aktivitas penting yakni SEO (Search Engine Optimization) dan PSA (Paid Search Advertising).

SEO terkait dengan tehnik optimalisasi pencarian keyword agar tampil di peringkat tertinggi pada mesin pencari. Sedang PSA terkait dengan pemasangan iklan di mesin pencari untuk memperoleh pengunjung. Cara yang umum dipakai yaitu Pay Per Click (PPC) dan piranti yang cukup populer yaitu Google Adword yang memberi keleluasaan pada kamu untuk menempatkan iklan di google dan mitra kerjanya.

Social Media Marketing : pemasaran lewat sosial media adalah bagian dari internet marketing dan memperoleh perhatian yang sangat besar dari beberapa pemasar satu tahun lebih paling akhir. Jutaan pemakai menggunakan beberapa besar waktu on-line di Facebook, Twitter, Instagram, Google plus, Pinterest, Youtube, Linkedin dan media sosial yang lain. Dan kenyataan ini, bikin beberapa pemasar digital selalu memerhatikan sosial media sebagai bagian dari kampanye pemasaran digital mereka.

E-mail Marketing : masa pemasaran melalui e-mail masihlah selalu berlanjut, dan adalah alat yang sangat diperlukan di setiap kampanye digital marketing indonesia. Meskipun dampak sosial media yang demikian besar, e-mail tetaplah adalah cara yang efisien dan efektif untuk menarik pembaca dan pengunjung jadi pelanggan kita. Dalam Hal pemasaran, e-mail marketing adalah sistem pengumpulan alamat e-mail dari orang yang tertarik dengan product atau layanan kita, lewat cara kirim mereka newsletter ataupun penawaran.

Mobile Marketing : Saat ini, diprediksikan 50% pemakai mencari situs, sosial media, product ataupun layanan untuk dibeli melalui smartphone. Mungkin saja th. yang akan datang bertambah jadi 90 persen.

Pemasaran melalui mobile bikin content yang penampilannya enak diliat sesuai sama bentuk dan ukuran handphone pemakai. Iklan yang dipertunjukkan harusnya dapat tunjukkan alamat toko paling dekat yang jual product dan layanan itu.

Banner Advertising : Kita dapat temukan beberapa besar spanduk iklan digital di properti situs seperti : websites, situs mobile aplikasi mobile, mesin pencari, newsletter, Facebook, Twitter, YouTube, dan yang lain. Pemasar digital mempromosikan product dan layanan mereka melalui beberapa type spanduk digital (statis, text, animasi, gambar, video) dengan basis yang tidak sama.

Kesimpulan :
  • Internet marketing adalah salah satu bagian dari digital marketing. Atau apabila kita bicara tentang digital marketing itu tentang Internet marketing plus SMS, WebTV and digital advertising. 
  • Sebagain besar pelatihan digital marketing yang diadakan oleh instansi pelatihan hanya pelatihan internet marketing.
  • Bahkan juga beberapa besar pelatihan internet marketing namun berisi hanya pelatihan Search Marketing (SEM) yang diisi SEO dan google adword.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar