Panduan Keselamatan Kerja Prakarya

Tidak ada komentar
Related image

Semua jenis pekerjaan tentunya memiliki resiko akan terjadinya kecelakaan maupun cedera, tidak terkecuali juga untuk para pekerja seni atau prakarya. Oleh karenanya kita harus selalu siaga untuk hindari terjadinya banyak hal yg tidak diinginkan. Terdapat banyak hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan untuk meminimalisir atau bahkan menghapuskan peluang kecelakaan atau cedera dalam bekerja.

Setiap tipe pekerjaan akan hadapi peluang yang berbeda, baik dalam frekwensi maupun kemampuannya, demikian juga dengan beberapa pekerja prakarya. Karena itu menghindar dan perlakuannya akan berbeda. Untuk Anda beberapa pekerja prakarya, berikut ini yakni beberapa langkah keselamatan kerja prakarya yang dapat diikuti :

Memakai alat pelindung diri 
Apapun tipe pekerjaannya, alat pelindung diri atau alat safety yakni hal utama yang perlu diperhatikan. Seperti namanya, perlengkapan ini memiliki manfaat sebagai pelindung tubuh dari bermacam peluang ekcelakaan atau cedera yang mungkin terjadi. Ada sangat banyak tipe alat pelindung diri dimana setiap jenisnya memiliki bentuk dan manfaat berbeda pada satu dengan yang lain. Seperti misanya sarung tangan bikin perlindungan tangan, safety herness bikin perlindungan tubuh, safety helm bikin perlindungan kepala, sepatu safety online bikin perlindungan kaki dll. Untuk peroleh perlindungan maksimal, gunakan alat safety sama seperti kepentingan dan tipe pekerjaan yang dilakukan.

Memakai peralatan yang terstandard 
Gunakan alat-alat terstandard yang selain memiliki fitur keamanan dan keselamatan akan berikan hasil kerja yang lebih optima. Sebelumnya memutuskan untuk membelinya, kenali dengan baik bagaimna fitur dari semasing alat, pastikan untuk memilih alat yang memasukkan fitur keselamatan dan keamanan penggunanya.

Memakai bahan yang aman 
Selain peralatan, pemilihan bahan juga harus diperhatikan. Dalam system prakarya, pastinya akan ada objek utama yang di sistem, inilhah waktu lalu disebutkan sebagai bahan.

Siapkan P3K 
P3K bertindak sebagai perlakuan saat terjadi kecelakaan kerja. Ini yaitu piranti yang sangat penting dan harus ada. Tentang kelengkapannya menyesuaikannya dengan peluang kecelakaan yang mungkin terjadi, misalnya luka sayat pisau, maka P3K harus terdiri dri kapas, pembersih luka, obat merah, plester dll.

Tahu standard operational procedure 
Seperti pekerjaan yang lain, dalam kerja prakarya, juga terdpat SOP atau standard operation procedur yang perlu diikuti, baik dalam penggunaan peralatan maupun dalam pemrosesan bahan. Dengan ikuti SOP maka peluang kecelakaan atau cedera akan minimalisir atau bahkan dijauhi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar