Tips Berjualan Online Mudah Untuk Pemula

Tidak ada komentar
Hasil gambar untuk cara jualan di facebook

1. Tentukan Produk Dan Cari Supplier 

Pertama sudah pasti karena judul artikel ini mengenai jualan, maka harus memiliki suatu product yang akan di jual. Bila telah memiliki product maka lebih mudah, bila belum miliki ya harus ditetapkan dan di cari atau di buat. Harus konsentrasi ya, untuk pemula harus konsentrasi ke satu product saja, janganlah palu gada (apa loe mau guwa ada).

Mengapa konsentrasi? Dengan konsentrasi ke satu product dan berkelanjutan kurun waktu singkat kita dapat di kenal sebagai spesialis untuk product tertentu. Hal semacam ini dapat menyebabkan repeat order dan iklan gratis dari mulut ke mulut. Pasti harus dibarengi service service yang baik.

Sulit memastikan type product? Janganlah di buat sulit, cocokkan saja product dengan passion kita sendiri. Contoh sukai baca buku, ya telah jualan buku. Sukai fashion ya jualan pakaian. Yang penting pastikan memiliki supply supplier yang terus-terusan.

2. Photo Produk 

Karena jualan online ya konsumen harus tahu bentuk barangnya dengan cara on-line. Selain gambaran yang detil harus dibarengi photo produknya. Bila dari supplier telah dibarengi photo produknya dapat dipakai. Namun bila dapat memphoto sendiri pasti lebih baik karena jadi banyak macamnya.

Salah satu aspek yang menyebabkan order yaitu photo product yang unik, detil dan terlihat profesional. Saya memakai handphone untuk memfoto product mukena bali istri saya. Tips-tipsnya begini :

  • Product difoto dengan latar belakang yang terang putih polos, pakai saja tembok rumah
  • Photo jangan pernah ada bayang-bayang (pencahayaan dari semua arah)
  • Berikan info product yang sederhana terang padat + harganya
  • Pakai aplikasi smartphone (android/iphone) seperti moldiv untuk editing contoh menghadirkan beberapa seri product dalam frame yang sama
Contoh-contoh dapat diliat di instagram. com/angincemara. Bila sangat mungkin, selalu up-date photo product dengan photo yang tidak sama sehari-hari dengan gabungan layout yang tidak sama. Makin sering kita up-date makin tingkatkan keyakinan calon pelanggan untuk melakukan order.

3. Social Media 

Setelah product ada, material marketing ada.. waktunya di promosikan. Kita gunakan cara gratisan saja melalui media sosial. Sesungguhnya ada cara memakai situs yang dioptimasi SEO agar tampil dihalaman pertama google search untuk kata kunci (keyword) yang ditarget. Namun agak repot, kita bypass dahulu untuk situs ini. Cukup dua media sosial yang kita pakai. Instagram dan Facebook. Cara membuat iklan di facebook harus diperhatikan untuk menarik minat para pengunjung.

Buat account instagram dan facebook bila belum miliki. Dapat account baru khusus dengan nama branding product kita atau dapat gunakan account pribadi saja yang telah memiliki banyak friend atau follower.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar