Awal Munculnya Sepatu

Tidak ada komentar

Umumnya, termasuk juga kalian pastinya, pernah memakai sepatu.
Sepatu umumnya kita pakai saat akan pergi ke satu tempat atau melakukan aktivitas.
Selain berperan untuk melindungi kaki, sepatu juga bikin tampilan kita jadi lebih rapi serta enak dipandang. Namun, tahukah kalian, mulai sejak kapan manusia memakai sepatu?

Sejarah 

Beberapa pakar sejarah memprediksi kalau sepatu pertama kalinya di buat pada jaman Es atau sekitaran 5 juta th lalu. Sepatu itu di buat dari kulit hewan. Sepatu primitif (kuno) dalam jumlah besar pernah diketemukan di pedalaman Missouri, Amerika Serikat (AS). Diprediksikan sepatu itu datang dari 8000 Sebelumnya Masehi (SM). Sepatu yang lain sempat juga diketemukan di pegunungan Prancis serta peluang datang dari 3300 SM. Selain terbuat dari kulit binatang, ada pula sepatu yang terbuat dari rumput atau semak. Fungsinya, membuat perlindungan kaki dari teriknya cahaya matahari atau dinginnya suhu. Kecuali di Missouri, diketemukan juga alas kaki yang berasal dari peradaban Mesir Kuno, Viking, serta China kuno.

Alas kaki yang berasal dari Mesir Kuno, berhiaskan gambar yang begitu indah. Alas kaki itu punya raja Mesir. Alas kaki ketika itu dipakai untuk menunjukkan status sosial pemakainya. Di jaman itu, cuma beberapa bangsawan serta beberapa orang kayalah yang dapat menggunakan sepatu.

Orang-orang Yunani Kuno juga mempunyai alas kaki yang begitu mendukung aktivitas mereka keseharian. Sepatu mereka mempunyai banyak tali yang diikat di sekitar betis. Tentara Romawi Kuno juga mempunyai sepatu yang begitu khas. Sepatu ini dimaksud caligae. Saat beberapa tentara Romawi kembali dari peperangan dan menang, caligae di beri paku yang terbuat dari perunggu, perak, bahkan juga emas.

Seiring menambahnya waktu, manusia selalu menyempurnakan bentuk sepatu. Pastinya, hal semacam itu ditujukan untuk lebih memberi kenyamanan untuk beberapa penggunanya.
Lalu, bagaimana sejarah perubahan sepatu dari waktu ke waktu?

Th. 1800 Sepatu beralaskan sol karet pertama di buat serta diberi nama plimsolls. 1892 Goodyear serta perusahaan pabrik sepatu karet dari US Rubber Company, mengawali memproduksi sepatu karet serta kanvas yang dinamakan Keds. 1908 Marquis M. Converse membangun perusahaan sepatu Converse. Perusahaan berikut yang memproduksi sepatu untuk olahraga basket pertama kalinya.

Sepatu ini juga yang merubah permainan bola basket lebih dari seabad serta menjadi ikon AS. 1917 Sepatu keds menjadi sepatu atletik pertama yang di produksi dengan cara massal. Di masa datang, sepatu ini disebut sneaker karena solnya lebih halus serta tak menyebabkan nada decitan pada kondisi tertentu. 1920 Adi Dassler, pendiri Adidas, mulai menghasilkan sepatu berolahraga buatan tangan di kamar mandi ibunya. Ia membuat sepatu tanpa ada bantuan alat-alat listrik. 1924 Adi serta Rudolph Dassler, dengan pertolongan 50 anggota keluarganya, mendaftarkan bisnisnya dengan nama Gebr der Dassler Schuhfabrik di Herzogenaurach, Jerman.

Ini menjadi awal berdirinya Adidas seperti saat ini 1948 Puma Schuhfabrik Rudolf Dassler didirikan.
Sepatu sepak bola pertama Puma dipakai oleh tim sepak bola Jerman Barat. 1950 Sneaker jadi sepatu pilihan di mana-mana. Pasalnya, sepatu ini murah serta gampang didapat oleh semua anak muda di semua dunia. Kecuali sneaker, sepatu bertumit tinggi dengan kata lain stiletto juga jadi trend diawal tahun 1950-an.

1962 Phil Knight serta Bill Bowerman meluncurkan sepatu atletik berteknologi tinggi (pada saat itu) dengan nama Blue Ribbon Sports (BRS). Seiring dengan design serta teknologinya yang baru, pada th. 1968, nama mereka diubah menjadi Nike. 1970 Basis shoes dengan tumit setinggi 2-5 inci atau 5—12 sentimeter jadi incaran pria serta wanita. Masa 70-an juga menjadi awal kepopuleran sepatu jenis bakiak. 1990 Awal masa ini di ramaikan dengan type sepatu bersol rata, berwarna, serta persegi.

1995 Museum Sepatu Bata di Toronto, Kanada, resmi di buka pada bln. Mei. 1998-2001 Sepatu lars jadi satu diantara sepatu yang popular di Indonesia. 2006-sekarang Jenis wedges shoes (berbentuk irisan) adalah jenis yang popular di golongan wanita. Selain itu, sepatu-sepatu yang tawarkan kenyamanan untuk beberapa penggunanya mulai jadi pilihan beberapa orang. Ada juga sepatu safety yang menawarkan keamanan dan kenyamanan pada penggunanya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar