Gangguan Kesehatan Pekerja Pabrik

Tidak ada komentar
Salah satu faktor yang berpengaruh pada kesehatan seseorang yaitu lingkungan. Untuk mereka yang sudah bekerja, lingkungan kerja dapat memberi efek pada kesehatan. Tidak terkecuali pada pekerja pabrik. Berikut beberapa masalah kesehatan yang biasanya dialami oleh pekerja pabrik :

Ritme sirkadian terganggu 

Ritme sirkadian yaitu perubahan yang terjadi pada fisik, mental, dan perilaku selama siklus 24 jam. Tidak hanya manusia, kebanyakan makhluk hidup memiliki sistem sirkadiannya sendiri. Biasanya respon sistem sirkadian tergantung pada cahaya yang terdapat di lingkungan. Pekerja pabrik terutama yang memiliki sistem kerja shift memiliki resiko tinggi terganggunya kerja ritme sirkadian. Tubuh manusia secara alami memasuki tahap relaksasi setelah suasana gelap atau malam hari. Mereka yang mendapat giliran shift malam harus melawan keinginan tubuh yang secara natural ingin bersitirahat. Tubuh dipaksa untuk tetap berfungsi optimal selama bekerja.

Bila Anda bekerja melawan siklus tidur alamiah Anda, maka Anda dapat menderita kelelahan dan gangguan tidur. Kelelahan dapat menyebabkan perubahan mood, menurunnya kemampuan kognitif dan refleks, dan membuat Anda lebih mudah dihinggapi penyakit. Bagi Anda pekerja pabrik yang mencari tempat jual sepatu safety online

Gangguan tidur 

Gangguan tidur yang muncul pada pekerja pabrik biasanya disebabkan oleh pergantian shift dari pagi, siang, dan malam. Gangguan tidur berhubungan dengan terganggunya ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Tidak hanya pekerja yang mendapat shift malam, orang yang diwajibkan mulai bekerja dari subuh juga dapat mengalami gangguan tidur. Rotasi shift pada pekerja pabrik memegang peranan penting dalam siklus tidur pekerja. Anda mungkin tidak bisa tidur pada siang hari dan pada akhirnya tidak bisa bekerja secara optimal saat shift malam Anda.

Diagnosis gangguan tidur pada pekerja pabrik biasanya ditegakkan oleh dokter memakai jurnal tidur. Anda akan di tanya jam kerja, kapan Anda tidur, berapakah lama waktu tidur Anda, dan bagaimana perasaan Anda saat bangun tidur. Dokter akan bertanya apakah Anda sering merasa capek atau ketiduran saat bekerja. Selain itu ada alat yang disebut actigraphy, dipakai menyerupai jam, alat ini akan mengukur pergerakan Anda saat siang dan malam hari. Gangguan tidur dapat menyebabkan konsentarsi pekerja berkurang sehingga tingkatkan resiko terjadinya kecelakaan baik kecelakaan kerja ataupun kecelakaan di perjalanan.

Stress 

Untuk pekerja pabrik sumber stres dapat berasal dari banyak aspek, misalnya

- Pekerjaan yang monoton dan bebrapa begitu saja
- Merasa tidak miliki kendali atas pekerjaan dan tidak memiliki kekuasaan untuk membuat keputusan
- Kemampuan yang dimiliki tidak terpakai dalam pekerjaan
- Perasaan kuatir kehilangan pekerjaan
- Bayaran yang rendah namun tuntutan kerja yang tinggi
- Tidak ada jenjang karier
- Pekerja pabrik juga rawan alami masalah sosial, bila misalnya pekerja mendapat shift malam atau bekerja pada Sabtu dan Minggu maka kehidupan sosialnya dapat terganggu karena kebanyakan orang beraktivitas di siang hari dan bersantai di akhir pekan.

Selain karena pengaruh lingkungan, stress juga dapat diakibatkan oleh respon tubuh pada perubahan ritme sirkadian. Perubahan jam tidur karena rotasi shift kerja dapat menyebabkan gangguan hormon dan berujung pada stress.

Kegemukan 

Riset yang dilakukan pada pekerja pabrik di suatu industri di Italia mengatakan kalau pekerja pabrik yang memiliki jam kerja shift ternyata lebih banyak alami obesitas bila dibanding dengan pekerja yang jam kerjanya teratur setiap harinya. Pekerja shift juga memiliki tekanan darah sistolik yang lebih tinggi karena dipengaruhi oleh bertambahnya kadar lemak dalam tubuh. Selain itu, tanda-tanda sindrom metabolik juga lebih banyak terdapat pada pekerja shift.

Hal semacam ini berhubungan dengan kerja ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Saat Anda makan pada malam hari, kerja hormon-hormon dalam tubuh sudah berada dalam fase istirahat sehingga ketika ada makanan masuk, diperlukan usaha yang lebih untuk mencerna makanan.

Penyakit degeneratif 

Suatu riset mengatakan ada kenaikan resiko menderita kanker pada wanita yang bekerja shift. Jam kerja shift menyebabkan jam biologis tubuh jadi tidak sinkron, meningkatkan kemungkinan menderita diabetes, kegemukan, sampai depresi. Jam kerja malam dan kelelahan juga berkontribusi pada resiko menderita penyakit jantung. Salah satu riset melihat beberapa gejala sindrom metabolik pada pekerja shift, sindrom metabolik terbagi dalam :

- Lingkar pinggang yang lebih dari normal
- Peningkatan kadar trigliserida
- Kenaikan kadar kolesterol total
- Tekanan darah tinggi
- Kadar gula puasa yang tinggi

Beberapa gejala ini banyak ditemui pada mereka yang memiliki jam kerja dari jam 8 malam sampai 4 pagi. Sindrom metabolik meningkatkan resiko Anda untuk menderita penyakit degeneratif di masa datang seperti diabetes, serangan jantung, kanker, dan sebagainya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar