Cara Menjaga Kesehatan Pekerja Kantoran

Tidak ada komentar
Sebagian besar pekerja kantor mengalami beragam masalah kesehatan. Kondisi kesehatan mereka makin memburuk ketika lebih banyak terlibat dalam pekerjaan yang menyita banyak waktu dan mereka mulai meremehkan menjaga kesehatan. Hal ini membuat mereka lebih rentan pada penyakit yang bisa mengakibatkan masalah serius bila tidak terdeteksi dan diobati pada tahap awal. Anda tidak bisa mengembangkan lingkungan kerja yang mengasyikkan bila Anda sendiri tidak bisa menahan rasa sakit, capek, atau gelisah. Mari kita bahas beberapa info penting tentang Cara Menjaga Kesehatan Untuk Pekerja Kantoran.

1. Bawa bekal makan siang yang sehat sendiri, dari pada harus makan makanan cepat saji atau dari kantin kantor. Luangkan waktu Anda membawa makan siang ketempat selain meja dikantor untuk makan, coba mencari tempat makan diluar ruangan dimana Anda bisa mendapatkan udara segar selama tiga puluh menit.
2. Bila Anda bekerja di gedung perkantoran yang memiliki beberapa lantai, coba untuk naik tangga bolak-balik ke lantai setiap hari. Bila banyak berjalan kaki pada pagi hari, buat sebuah titik awal setiap hari ketika meninggalkan rumah awalilah dengan cara menaiki anak tangga, ini adalah latihan cardio bagus untuk kaki dan sistem pernapasan Anda.
3. Bangun dari tempat duduk setidaknya sekali setiap jamnya dan berjalan-jalan. Artinya berjalan untuk pergi mendapatkan air, pergi ke toilet, atau hanya memilih memberikan memo pada orang ke orang lain di kantor Anda dari pada mengirimkannya melalui e-mail atau menelepon mereka.
4. Luangkan waktu beberapa saat untuk melakukan peregangan yang bisa Anda lakukan di kantor. Ketika tubuh sudah terasa kaku coba lakukan beberapa peregangan untuk bahu, punggung, lengan, pinggul, dan kaki cukup 3-5 menit.
5. Parkir kendaraan Anda ditempat terjauh dari kantor, agar bisa berjalan kaki menuju tempat kerja. Jarak tambahan ini akan memberi latihan ekstra sebelum dan setelah bekerja yang benar-benar menambahkan gaya hidup sehat sampai setiap minggu. Berjalan menuju mobil ketika makan siang untuk menambah olah raga ekstra beberapa menit. Nah apabila Anda membutuhkan perlindungan lebih ketika berkendara. Coba cari di tempat jual sepatu safety terpercaya ini.
6. Bila Anda tinggal cukup dekat dari tempat kerja, apabila cuaca memungkinkan pikirkan untuk naik sepeda atau berjalan kaki menuju kantor. Selama pagi atau sore hari, karena pada jam itu matahari tidak sepanas pada siang hari. Udara pagi yang sejuk akan merevitalisasi Anda untuk siap bekerja penuh seharian.
7. Tergantung pada berapa lama Anda istirahat makan siang, bila memiliki tempat fitnes cukup dekat dengan kantor Anda bisa menekankan olah raga dalam latihan cepat dan bisa kembali bekerja dalam waktu singkat. Bila Anda membawa bekal makan siang sendiri, Anda bisa makan sebelum masuk kedalam mobil, lalu dalam beberapa menit lakukan latihan aerobik itu dapat merevitalisasi tubuh untuk mendorong semangat kerja disore hari.
8. Salah satu makanan yang paling penting saat ini adalah sarapan. Terlepas seberapa sibuknya Anda, makanlah sarapan dengan menu sehat dan hari Anda akan jauh lebih produktif. Ketika berangkat kerja tidak sempat sarapan, bisa mengambil buah dan memakannya dijalan. Membawa beberapa buah dan memakannya sebagai pengganti camilan, lanjutkan melakukan itu ketika berada di meja tempat Anda bekerja.
9. Coba untuk menemukan cara untuk merubah kebiasaan minum kopi dengan jus sehat. Kopi akan memberikan ledakan energi yang cepat, dan celakaanya itu akan memiliki efek yang merugikan pada kesehatan Anda di kemudian hari. Nutrisi dari jus akan memberikan energi lebih lama dan lebih sehat untuk Anda. Dengan berbagai jenis buah-buahan yang tersedia, Anda bisa bereksperimen dengan rasa baru setiap hari.
10. Kurangi merokok, selain dapat merugikan diri sendiri merokok juga merugikan untuk orang lain yang ada disekitarnya. Baik melalui asap yang ditimbulkan ataupun bau yang ditinggalkan setelah merokok.
11. Ketika Anda mendapatkan sedikit waktu istirahat sepanjang hari, dari pada menggosip dikantor, akan lebih baik menyempatkan untuk berjalan-jalan diluar ruangan dan mendapatkan udara segar. Jalan-jalan di sekitar bangunan akan mengembalikan energi tubuh Anda untuk sisa pekerjaan di sore hari.
12. Ketika muncul nafsu makan di sore hari, dari pada mengunyah permen, akan lebih baik konsumsi snack sehat. Letakkan beberapa kismis, kacang, atau pretzel kecil di laci meja dan bukannya mengunyah makanan yang mengandung gula.
13. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup bersih untuk membantu memerangi penyebaran pilek dan flu. Cuci tangan Anda secara teratur, dan tutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin.
14. Peliharalah tubuh Anda dengan 6 jam waktu tidur. Bila memberikan tubuh waktu tidur yang teratur saat malam hari, Anda tidak akan merasa cepat lelah atau gelisah ketika bekerja di depan meja. Tidur dapat mengisi ulang energi hingga Anda dapat konsentrasi pada beberapa tugas dikantor dan merasa tertarik pada setiap pekerjaan Anda. Tetapi, bila Anda tidak memperoleh waktu tidur yang maksimal, maka Anda akan lebih rentan mengalami masalah kesehatan, masalah pada perilaku, stres, kemurungan, ketidaksabaran, dan kemarahan.
15. Letakkan beberapa pot tanaman di ruangan kerja Anda. Tanaman menyerap karbon dioksida yang dihembuskan oleh Anda dan menggunakannya untuk menghasilkan oksigen segar untuk Anda. Menerapkan langkah ini akan membuat Anda merasa lebih segar ketika bekerja sepanjang hari dan isi paru-paru dengan konsentrasi oksigen semaksimal mungkin hingga aliran darah lebih lancar untuk membantu berpikir lebih baik.
16. Sesering kali istirahat. Ketika Anda duduk berjam-jam coba untuk beranjak dari tempat duduk dan beristirahat setiap jam atau lebih. Setelah Anda mengalihkan fikiran selama 10 menit ke pada sesuatu yang disenangi, akan membuat Anda merasa jauh lebih bahagia dan suasana hati akan meningkatkan secara alami. Ini akan membantu Anda lebih konsentrasi pada tugas dan terhindar dari rasa frustrasi akan pekerjaan. Mengambil istirahat sejenak sesekali jauh lebih baik dari pada mengambil satu kali istirahat panjang.
17. Bila Anda bekerja di depan komputer selama berjam-jam, penting untuk mengistirahatkan mata sejanak dari layar komputer agar mata tidak alami kelelahan. Coba untuk melakukan aktivitas lain, seperti jalan ke tempat penyortiran atau hanya lihat pemandangan dari luar jendela selama lima atau sepuluh menit. Fokus pada suatu objek yang jauh membantu untuk merilekskan mata dan usahakan melihat dedaunan hijau untuk menjaga kesejukan mata.
18. Tertawalah! bercanda-gurau dengan orang disekitar Anda. Ini suatu hal yang tidak baru, namun sudah kembali ditampilkan dalam pers baru-baru ini. Tertawa adalah penghilang stres, melepaskan hormon serotonin, meringankan suasana dan menebar tawa.
19. Liburan sekali atau 2 x setahun. Sesekali, orang mengalami rasa jenuh dalam rutinitas pekerjaan ditambah dengan rasa stres akan tuntutan pekerjaan. Oleh karenanya tindakan yang sehat adalah pergi berlibur bersama keluarga atau rekan-rekan terdekat setidaknya sekali setahun. Bila Anda merasa ini belum cukup dan perlu melakukan istirahat lain, maka coba mengambil dua waktu istirahat moderat di setiap tahun.
20. Ketika sudah berada dirumah, sebisanya kurangi waktu Anda menonton TV, upayakan perbaiki kwalitas istirahat. Dengan istirahat yang cukup sistem imun tubuh akan tetap tejaga, sehingga Anda akan terhindar dari virus dan penyakit lainnya. Itulah tips sederhana untuk menjaga kesehatan untuk pekerja kantor yang akan membuat Anda lebih produktif dan membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar